Manfaat Tersembunyi dari Lampu Tenaga Surya yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Tersembunyi dari Lampu Tenaga Surya yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Tersembunyi dari Lampu Tenaga Surya yang Harus Anda Ketahui. Lampu merupakan alat penerangan yang membutuhkan sumber daya agar bisa digunakan untuk menerangi tempat atau area tertentu. Karena umumnya sebuah lampu menggunakan sumber energi listrik agar bisa hidup. Namun ada lampu yang menggunakan tenaga matahari yaitu lampu tenaga surya. Lampu tersebut terdiri dari panel surya fotovoltaik, lampu LED serta baterai isi ulang. Jenis lampu ini bisa dipergunakan baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Lampu yang menggunakan tenaga matahari ini akan mengisi ulang baterai di siang hari sehingga bisa dipergunakan di malam hari. Saat menjelang malam, lampu dengan panel surya fotovoltaik ini bisa menyala secara otomatis namun beberapa diantaranya dinyalakan secara manual. Lampu ini mampu menyala hingga 8-10 jam tergantung dari seberapa banyak sinar matahari yang bisa diperoleh di siang hari. Jika dibandingkan dengan lampu listrik atau baterai yang ada di pasaran. Lampu ini tidak terlalu terang namun lebih mudah dipasang, murah dan hemat energi.

Fungsi Lampu Tenaga Surya

Fungsi Lampu Tenaga Surya

Terdapat beberapa manfaat penggunaan lampu tenaga surya yang harus Anda ketahui.

Pertama adalah menghemat biaya energi. Jika Anda menggunakan lampu yang membutuhkan energi listrik, apalagi Anda menggunakan alat penerangan tersebut di beberapa tempat misalnya di taman dan di kolam renang, walaupun anda menggunakan jenis lampu yang hemat energi namun tetap saja biaya energi yang harus dikeluarkan lebih besar jika dibandingkan dengan lampu yang menggunakan tenaga matahari.

Kedua adalah bisa menyala bahkan saat listrik mati. Beberapa tempat masih mengalami mati listrik yang disebabkan karena PLN melakukan pemadaman listrik bergilir. Namun, karena lampu ini menggunakan tenaga matahari, maka Anda tidak perlu khawatir jika terjadi pemadaman listrik terutama saat malam hari karena lampu Anda sudah memiliki ‘bahan bakar’ tersendiri untuk tetap menyala. Kerugiannya adalah, jika hari itu terjadi hujan terus menerus dan tidak ada sinar matahari maka lampu tersebut tidak bisa menyala karena tidak ada sumber energi.

Ketiga dalah relatif bebas perawatan. Jika Anda menggunakan lampu yang menggunakan tenaga surya ini untuk penerangan baik di dalam atau di luar ruangan maka Anda bisa menghemat biaya perawatan. Salah satu hal yang harus Anda lakukan secara rutin adalah dengan membersihkan bagian panel suryanya agar tidak tertutup oleh debu dan kotoran yang bisa menghambat penyerapan dari sinar matahari untuk mengisi baterai agar lampu tetap menyala. Selain itu, perhatikan juga mengenai baterai yang dipergunakan apakah sudah tidak bisa diisi maksimal atau tidak karena umumnya, baterai pengganti solar bisa diisi ulang hingga 500-700x.

BACA JUGA: Tips Menggunakan Jasa Pembuatan Conveyor yang Terbaik Untuk Industri

Manfaat lainnya dari penggunaan lampu dengan tenaga surya adalah.

  • Instalasi yang mudah dan tidak memerlukan hook up listrik sebagai sumber daya dengan kabel. Anda cukup meletakkan panel untuk menangkap sinar matahari ditempat yang tidak tertutup apapun atau terkena sinar matahari langsung.
  • Banyak serangga yang akan berkumpul di lampu tersebut sehingga bisa membantu mengurangi serangga yang masuk ke dalam rumah. Bahkan serangga yang berkerumun tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak, karena cahaya lampu tenaga matahari tersebut tidak memancarkan cahaya inframerah.

Untuk bisa membuat lampu tenaga surya, maka Anda butuh panel yang bisa menyerap energi matahari tersebut. Anda bisa membeli panel untuk lampu tenaga matahari Anda yang tahan terhadap cuaca misalnya hujan di CV Anugrah Maju Bersama. Di tempat ini tidak hanya menyediakan panel atau set tenaga surya namun juga genset, produk tahan ledakan dan yang lainnya.