Sekilas Tentang Rangka Atap Baja Ringan dan Layanan Pemasangan Baja Ringan Pada Konstruksi Bangunan

Sekilas Tentang Rangka Atap Baja Ringan dan Layanan Pemasangan Baja Ringan Pada Konstruksi Bangunan. Atap merupakan bagian dari sebuah bangunan yang sangat penting, bagaimana jika tidak ada atap pada sebuah bangunan. Atap pada bangunan rumah atau bangunan lainnya memiliki fungsi utama melindungi penghuni bangunan dari berbagai cuaca, baik panas maupun hujan.

Sebuah bangunan memiliki atap yang terdiri dari beberapa unsur ada penutup atap, plafon, rangka atap, penyangga atap dan beberapa unsur lainnya. Rangka atap menjadi pilihan yang akan dibahas pada artikel ini. Meskipun rangka atap banyak jenisnya seperti rangka atap bambu, rangka atap kayu, rangka atap beton, rangka atap baja, rangka atap baja ringan dan rangka atap besi. Karena terlalu banyak jenis atap jika dibahas satu persatu, makan pilihanya adalah atap baja ringan, yang saat ini marak digunakan.

 

Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan
Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan semakin berkembang membuat teknik konstruksi bangunan juga mengalami kemajuan pesat. Sekarang ini, material yang digunakan untuk membangun rumah ataupun gedung tidak hanya dari kayu saja, tetapi juga sudah menggunakan bahan yang disebut dengan baja ringan. Pasang atap baja ringan adalah jasa yang banyak ditawarkan oleh kontraktor atap baja ringan dan juga pemborong.

Bahan untuk membuat atap baja ringan adalah carbon steel, material yang terbentuk di kondisi yang dingin (cold-formed steel). Rangka baja ringan biasanya di cetak dengan ketebalan sekitar 0,75-1 mm. Sedangkan, baja ringan reng memiliki ketebakan sekitar 0,40-0,60 mm dan dimensinya sekitar 31-100 mm. Dengan ukuran sedemikian akan memudahkan konstruksi dan juga perakitan bangunan. Dan kekuatan bahan dasar baja standar di Indonesia adalah G-550 Mpa atau 5.000 Megapascal.

 

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Keunggulan Atap Baja Ringan
Keunggulan Atap Baja Ringan

Saat ini banyak konstruksi bangunan menggunankan bahan baja ringan, tidak begitu saja yang pasti mereka punya pertimbangan sebelum menggunakan materal tersebut. Tentunya rangka atap baja ringan memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan tersendiri dibandingkan rangka atap berbahan lain, diantaranya.

Bobot Lebih Ringan

Punya bobot yang jauh lebih ringan, sehingga beban tanggungan untuk struktur di bawahnya menjadi lebih rendah.

Lebih Tahan Api

Baja ringan ini juga tidak akan membesarkan api, jadi lebih aman ketika terjadi kebakaran. Anda tidak akan takut api yang menjalar ke struktur ini bertambah besar.

Aanti Rayap

Anti rayap, sudah pasti karena bahan terbuat dari campuran baja karena namanya saja baja, jadi tidak akan lapuk dan gigi rayap tidak akan mampu memakan baja.

Pemasangan Lebih Mudah

Lebih cepat dipasang dibandingkan dengan rangka dari kayu, sehingga proses pembangunan juga bisa dipercepat.

Tidak Menyusut

Tidak akan berubah bentuknya ketika udara panas ataupun dingin, karena nilai pemuaian dan penyusutannya sangat rendah, bahkan nyaris tak ada.

 

Kekurangan Atap Baja Ringan

Kekurangan Keunggulan Atap Baja Ringan

Tidak ada produk buatan mansia yang sempurna termasuk atap baja ringan yang juga memiliki kekurangan atau kelemahan.

Perlu Perhitungan Cermat

Perhitungan strukturnya harus sangat teliti dan juga kuat, karena salah sedikit saja, maka semua bagian harus dibongkar total.

Harga Lebih Mahal

Harganya lebih mahal, karena tentu saja materialnya yang lebih rumit.

Estetika Kurang Bagus

Secara estetika mungkin terlihat kurang bagus, sehingga memerlukan desain yang bagus supaya bisa menutupi langit-langit yang punya struktur pada penggunaan baja ringan.

Tidak di Jual Bebas

Tidak dijual secara bebas, jadi Anda harus pesan langsung ke supplier.

 

BACA JUGA:

 

Cara Memilih Atap Baja Ringan

Memilih Keunggulan Atap Baja Ringan

Setelah mendapatkan desain rumah atau bangunan lainnya,kita dapat menentukan ukuran dan jenis yang akan digunakan atau memilih atap baja ringan menjadi penting. Dan pastinya kita juga dapat menghitung perkiraan biaya pembelian material serta biaya pemasangan atap baja ringan tersebut.

Berikut beberapa tahapan memilih atap baja ringan yang akan kita gunakan.

1. Menyesuaikan Rangka Baja Ringan Dengan Jenis Penutup Atap

Dengan menggunakan rangka baja ringan, Anda juga bisa membuat berbagai variasi model atap sesuai keinginan. Hanya saja perlu penyesuaian berat beban yang ditopang baja ringan. Berbagai jenis atap bisa Anda pakai seperti genteng asbes, keramik, kaca, beton atau lainnya.

Semakin berat bobot penutup atap, maka baja ringan yang Anda perlukan semakin banyak dengan tingkat ketebalan yang juga semakin tinggi.

2. Mengecek Kualitas Rangka Baja Ringan

Ketelitian sebelum membeli atap baja sangat diperlukan. Dan yang lebih utama “Jangan Tergiur Dengan Harga Murah”. Baja ringan saat ini ada banyak sekali macamnya di pasaran. Namun Anda jangan sampai salah memilih baja ringan. Baja ringan yang aman digunakan tentunya memiliki kualitas yang baik. Salah satunya dapat dilihat dari standar nilai tegangan tarikan.

Agar baja ringan kokoh menopang atap, nilai tegangan tarikan yang dimiliki baja ringan setidaknya 550 Mpa. Apabila nilai tegangan tarikan semakin kecil artinya baja ringan memiliki tarikan yang semakin rendah. Hal ini berpengaruh pada kekuatan baja ringan tersebut dalam menopang beban penutup atap.

Jika Anda kurang menguasi atau kurang paham, bahakan baru pertama kali ingin menggunakan rangka baja ringan. Cara paling mudah mendapatkan petunjuk yang benar adalah meminta informasi yang benar kepada orang yang sudah berpengalaman dalam bidang baja ringan.

3. Pastikan Mendapatkan Garansi

Setelah kita mendapatkan rangka baja ringan sesuai spesifikai dan kebutuhan yang diperlukan. Pastikan baja ringan yang kita beli mendapatkan garansi, mintalah informasi dari penjual baja ringan tersebut. Garansi apa saja yang diberikan dan berlama berlakunya.

Baja ringan yang sudah kita dapatkan pastinya akan dipasang dibagian atap bangunan,tentunya memerlukan keahlian khusus dalam memasang rangka baja ringan tersebut.

Anda tidak perlu kawatir, karena saat ini sudah banyak yang dapat memasang baja ringan untuk atap bangunan dari mulai tukang biasa, bahkan suatu perusahaan ada yang menyediakan jasa pemasangan atap baja ringan, sekaligus menjual baja ringan dengan berbagai jenis.

 

Kontraktor Atap Baja Ringan

Keunggulan Atap Baja Ringan

Kontraktor Atap Baja Ringan adalah solusi bagi yang tidak ingin direpotkan dengan urusan pengadaan dan pemasangan Atap Baja Ringan, karena semuanya akan dikerjakan oleh kontrakror tersebut.

Saat ini banyak sekali kontraktor spesialis Atap Baja Ringan yang menangani berbagai macam pekerjaan konstruksi termasuk pemasangan Atap Baja Ringan untuk rumah, perkantoran, hotel dan gedung properti lainnya. Tidak hanya dikota besar kontraktor atau jasa pasang Atap Baja Ringan seperti jasa pasang atap baja ringan jakarta, pasang atap baja ringan tangerang, pasang atap baja ringan jogja, atap baja ringan banyumas dan masih banyak lagi jasa pasang gypsum kota lainnya di Indonesia.

Salah satu kontraktor atap baja ringan atau layanan jasa pasang baja ringan Banyumas yaitu layanan yang menangani berbagai pekerjaan atap baja ringan di kota Banyumas dan sekitarnya.

Sahabat Istana Jaya sudah berpengalaman dan memiliki banyak pelanggan di Banyumas dan sekitarnya dalam menangani pemasang dan pengadaan atap baja ringan untuk rumah, rumah, gedung perkantoran, hotel, restauran, industri maupun bangunan komersil lainnya di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

 

Pasang Gypsum